Home » » Pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK) di Lingkungan Rukun Tetangga (RT) 01

Pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK) di Lingkungan Rukun Tetangga (RT) 01

Posted by Bojonegoro on Senin, 02 April 2018

Bojonegoro, Senin [02/04/2018] Petugas kesehatan dari Puskesmas Wisma Indah Bojonegoro beliau ibu Novi Dyah Sulistya dan bapak M.Ali Makrus bersama kader kesehatan Desa Kauman hari ini mulai melakukan kunjungan untuk pendataan di seluruh keluarga lingkungan Rukun Tetangga (RT.01) Desa Kauman Bojonegoro. Pendataan yang menggunakan formulir profil kesehatan keluarga (Prokesga) dan paket informasi kesehatan keluarga (Pinkesga) ini merupakan langkah awal mengawali Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK)

Program pendataan ini merupakan program lanjutan (action) yang sebelumnya telah dilakukan sosialisasi tentang Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK) di acara Musyawarah Masyarakat Desa Kauman di Balai Desa Kauman Bojonegoro [16/03/2018]

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK) ini merupakan upaya pemerintah dalam membangun kemandirian masyarakat dalam hidup sehat. Sekaligus sebagai upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Harapannya, terciptanya masyarakat yang produktif, sadar kesehatan, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Konsep pendekatan keluarga merupakan salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. 

Pendekatan keluarga yang dimaksud merupakan pengembangan dari kunjungan rumah oleh Puskesmas dan perluasan dari upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas), yang meliputi kegiatan berikut.
  1. Kunjungan keluarga untuk pendataan/pengumpulan data Profil Kesehatan Keluarga dan peremajaan (updating) pangkalan datanya.
  2. Kunjungan keluarga dalam rangka promosi kesehatan sebagai upaya promotif dan preventif.
  3. Kunjungan keluarga untuk menidaklanjuti pelayanan kesehatan dalam gedung.
  4. Pemanfaatan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga untuk pengorganisasian/ pemberdayaan masyarakat dan manajemen Puskesmas

Berikut Beberapa Dokumentasi Pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga (PIS-PK) di Lingkungan Rukun Tetangga (RT) 01 Desa Kauman Bojonegoro :




SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger