Home » » Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Kauman Tahun 2019

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Kauman Tahun 2019

Posted by Bojonegoro on Selasa, 28 Agustus 2018


Bojonegoro, Selasa [28/08/2018] Malam pukul 19.30 wib bertempat di Balai Desa Kauman Jalan MH Thamrin No.82 A Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro telah dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSENBANGDES) Tahun 2018. Pertemuan ini dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun 2019 Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. 

Hadir dalam pertemuan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSENBANGDES) Kauman Kecamatan Bojonegoro diantaranya ada Camat Bojonegoro dalam hal ini diwakili oleh bapak Sutikno (kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan Bojonegoro), Kepala Desa Kauman beserta seluruh perangkat desa, ketua BPD beserta anggotanya, Tim Pendamping Desa,  Babinsa Desa Kauman, Wali Amanat Desa, Ketua Rukun Tetangga (RT.01 s.d. RT.12), Danton Linmas, Karang Taruna, Ketua Penggerak PKK, Bidan Desa, Tokoh Agama, perwakilan Paud Bunga Pertiwi, Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro beserta staffnya, dan perwakilan dari SDN Kauman 2 Bojonegoro.

Musrenbangdes adalah musyawarah rencana pembangunan desa yaitu forum musyawarah yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya oleh pemerintah desa Kauman untuk menjaring aspirasi masyarakat desa kauman untuk penyusunan rencana kerja pembangunan Desa Kauman (RKP Desa) tahun anggaran 2019.

Ada banyak rencana program pembangunan Desa Kauman yang diusulkan dalam musrenbangdes pada malam hari ini. Salah satunya usulan dari ketua RT yakni ketua RT.01 Desa Kauman yang tahun ini mengusulkan untuk pengadaan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website resmi RT yang kegunaanya dapat dirasakan manfaatnya oleh warga untuk alih infromasi pemerintah Desa Kauman dan publikasi kegiatan lingkungan RT.01 dan tentu saja bisa sebagai bentuk promosi potensi dari Desa Kauman Bojonegoro. Sebelumnya tahun yang lalu RT.01 dalam acara yang sama sudah mengusulkan untuk pembangunan pavingisasi di sepanjang Gg. Buntu Desa Kauman (sudah realisasi) dan bedah rumah 2 warga tidak layak huni (mbah Tawi dan Pak Masloed) yang rencana akan direalisasikan pada bulan september tahun ini. 

Usulan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website ini dilatarbelakangi adanya kepengurusan RT.01 Desa Kauman masa bakti 2014-2018 yang sebentar lagi purna masa tugasnya pada desember 2018 nanti. Sehingga website resmi pengurus RT.01 yang selama ini sudah berjalan dengan baik ini bisa dilanjutkan oleh kepengurusan RT yang baru nantinya. Usulan dari Ketua RT.01 ini ternyata di 'Amini' oleh Kepala Desa Kauman, Namun cakupannya lebih diperluas, artinya pengadaan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website tidak hanya untuk skala RT.01 saja melainkan untuk seluruh RT.01 s.d. RT.12. Sehingga seluruh RT desa Kauman akan diberi pelatihan untuk pembuatan dan cara pengelolaan website. 

Usulan dari RT.01 tidak hanya cukup di 'amini' oleh Kepala Desa Kauman saja. Akan tetapi juga didukung oleh SMP Negeri 1 Bojonegoro yang siap memberikan fasilitas tempat pelatihan (laboratorium komputer) dan dukungan tenaga pengajar yang mumpuni di bidangnya ungkap Lasiran (Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro) 

Ustadz Yogi Prana perwakilan dari tokoh agama menambahkan pembangunan untuk Desa Kauman harapanya tidak hanya sekedar pembangunan fisik saja, akan tetapi diberikan porsi juga non fisik artinya untuk peningkatan sumber daya masyarakat Desa Kauman dengan pemberian  pelatihan softskill. Pelatihan pembuatan website nantinya tidak hanya untuk pengurus RT saja, namun bisa untuk anak-anak muda warga Desa Kauman dalam menyongsong babak baru pengembangan ekonomi kreatif.




SHARE :
CB Blogger

3 komentar

lasiran sulaeman 28 Agustus 2018 19.29

Terima kasih. Tetap semangat, terus bermanfaat berjuang untuk rakyat melalui musyawarah mufakat

Unknown 28 Agustus 2018 22.34

Terima kasih partisipasinya rawuhnya Bapak Kepala Sekolah SMP N 1 Bojonegoro besrta rombongan

Unknown 22 November 2018 04.53

Semangat buat bapak Lasiran sehat selalu dan terus memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 Bojonegoro. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger