Bojonegoro - Kauman, Musyawarah Desa (MusDes) rutin yang diadakan oleh Pemerintah Desa Kauman setiap bulan untuk menginformasikan dan mendiskusikan semua permasalahan yang terjadi di Desa Kauman. Khusus bulan Desember ini dilaksanakan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) bulan, dan Musdes yang dilaksanakan malam ini disebut Musdes akhir tahun.

Musdes dipimpin oleh Kepala Desa Kauman dan dihadiri oleh Ketua dan Anggota BPD, Perangkat Desa, Staf Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua Tim Penggerak PKK, Bidan Desa, Pengurus dan Anggota Karang Taruna, Pengurus LPMD serta Ketua RT/RW. 

Dalam sambutannya Kepala Desa Kauman menyampaikan beberapa hal. Yang pertama adalah informasi tentang ADD Tahap 3 telah diterima oleh Pemerintah Desa Kauman pada tanggal 21 Desember 2018 Sebesar Rp. 100.503.975,00 (Seratus juta lima ratus tiga ribu sembilan ratus tujuh puluh lima Rupiah). Dana tersebut digunakan sesuai Rencana Penggunaan Dana (RPD) diantaranya untuk Penghasilan Tetap Perangkat dan Staf Desa, Tunjangan Jabatan Kepala Desa dan Perangkat Desa, Tunjangan BPD,  Insentif RT/RW, Honor tenaga kebersihan & perawatan taman, Honor 2 orang juru kunci makam desa, Alat tulis kantor, dan pakaian dinas atribut (lebih rinci silahkan klik disni).

Yang kedua dalam Musdes malam ini Kepala Desa Kauman yang akrab dipanggil Kaji Arip ini menyampaikan Informasi tentang rencana pembagian bantuan beras untuk lansia dan warga miskin Desa Kauman yang akan dilaksanakan pada hari Senin 31 Desember 2018 di Balai Desa Kauman. 

Yang ketiga Kepala Desa Kauman menyampaikan persiapan Kegiatan Jalan sehat Warga Desa Kauman dengan tema JALAN SEHAT #MERDESA Menyambut Tahun Baru 2019. Untuk Ketua Panitia Penyelenggara sesuai kesepakatan Musdes pada tanggal 12 Desember 2018 Momon Prayitno sebagai ketua Panitia dengan melibatkan seluruh pengurus dan anggota karang taruna yang dibantu oleh Perangkat dan staf desa, RT & RW, Linmas, dll.  Kegiatan Jalan Sehat tersebut untuk seluruh warga desa Kauman dengan ketentuan mengumpulkan Foto Copy KK dan setiap 1 KK mendapat 3 tiket Gratis. Dengan Hadiah Utama 1 (satu) Unit Sepeda Motor dan puluhan hadiah hiburan.

Sebelum Musdes ditutup, ada kegiatan rutin Arisan yang diikuti oleh Seluruh Elemen Pemerintahan Desa. Dan yang beruntung adalah dari unsur BPD yaitu Bapak Nasir.

Setelah pembahasan Musdes selesai, Pemberian Insentif Ketua RT/RW, Tunjangan untuk Ketua dan anggota BPD, Serta Honor Juru Kunci Makam Desa direalisasikan. 

(Artikel disadur dari website Desa Kauman Bojonegoro)