Pemerintah Desa Kauman Bojonegoro melalui tim jumantik (bidan desa Kauman Bojonegoro  bersama Ketua Penggerak PKK desa Kauman Bojonegoro) langsung bertindak cepat mengambil langkah pemeriksaan epidimiologi setelah mendapat laporan dari pengurus RT ada warga yang terkena serangan Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Tim Jumantik Desa Kauman Bojonegoro Ibu Luluk (bidan desa Kauman Bojonegoro) bersama ibu Yulia (Ketua Penggerak PKK desa Kauman Bojonegoro) langsung turun lapangan dan membagikan cairan abate bagi penderita yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) untuk melakukan langkah preventif dan mencegah jentik nyamuk berkembang.

Mengingat meningkatnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Bojonegoro dan desa Kauman Bojonegoro pada khususnya khususnya sudah ada di beberapa lingkungan RT Desa Kauman Bojonegoro (RT.1 sejumlah 1 orang, RT.11 sejumlah 5 orang, RT 09 sejumlah 2 orang, dan RT 12 sejumlah 1 orang) warga yang terjangkit  Demam  Berdarah Dangue (DBD).

Dari hasil pemeriksaan epidimiologi di sekitar rumah penderita dan dimbil sampel 10 rumah, 80% (8 rumah) masih banyak terdapat jentik di penampungan air. Terutama kamar mandi, sehingga perlu di tekan kan tentang 3M (Menutup, Menguras dan Mengubur) terang ibu Luluk (bidan desa Kauman Bojonegoro)